Thursday, May 31, 2012

Sakit Tipes ( My Diary )

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam diary, selamat sore dan sekarang Kamis 31 Mei 2012 saya dheon...berjumpa lagii  nih, udeh lama ya gax nulis lagi, nih mau cerita.. kemaren saya sempet sakitt gax tau knapa sakit apa.. soalnya pertama kalinya saya ngalamin sakit ginian, pusing, lemah, lunglai, letih, pokonya badan terasa sakit semua, katanya sih Tipes tp gax tau apa akibatnya nih...soalnya gax diperiksa ke dokter sih heumm.. ya sekarang lumayan agak mendingan diary... lumayan tuh 4 hari saya kagak bisa ngapa-ngapain di rumah Net punya kakak.. yang ada  tidur mulu pengennya, udah ditidurin pengen bangun, udah bangun pusing lagi, terus mimpi gax beraturan gitu.. emang gitu ya tipes itu... :(

sampai hari itu saya gax pulang-pulang loh ke rumah, abiz gax kuat bangett,, terus maklum kalau pulang suka disuruh kedokter biasanya, wew... padahal paling takut sama dokter nih... (-,-) , bahaya kalau udah berhadapan sama dokter, ya.. mudah - mudahan sekarang makin piks lagi deh... hehe minta do'anya ya.. soalnya nih belum sepenuhnya stabil badan saya... (^_^) , teman diary dimna sehat kalian, semoga sehat ya dan selalu tetap semangat jalani hidup ini... 

Nih sedikit cerita tentang penyakit tipes semoga bermanfaat ya :

Tipes merupakan suatu infeksi bakteri yang ditandai dengan diare, penyakit sistemik, dan ruam dimana paling sering disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi (S. typhi). Bakteri yang menyebabkan tipes tersebut menyebar melalui makanan yang tercemar, minuman, atau air. Jika seseorang makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi, bakteri akan memasuki memasuki tubuh, dan masuk ke usus kemudian ke dalam aliran darah, dimana ketika itu hal tersebut terjadi perjalanan bakteri ke kelenjar getah bening, kandung empedu, hati, limpa, dan bagian lain dari tubuh.

Beberapa orang bisa menjadi pembawa S. typhi dan terus mengeluarkan bakteri dalam kotoran mereka selama bertahun-tahun, menyebarkan vektor penyakit tipes. Demam tipes sangat umum bagi negara-negara berkembang, dan kebanyakan kasus di negara maju dibawa dari luar negeri (terutama negara-negara berkembang).

Penyebab Penyakit Tipes / typus

Penyebab Tipes adalah bakteri yang dikenal dengan nama Salmonella Thypi (S. Thypi) yang menyebabkan penyakit akut berhubungan dengan demam dan gejala-gejala lainnya yang menyertai. Selain itu penyebab penyakit tipes juga dapat disebabkan oleh Salmonella paratyphi, bakteri terkait yang biasanya menyebabkan penyakit yang kurang parah. Bakteri S. Thypi berada dalam air atau makanan oleh operator manusia dan kemudian menyebar ke orang lain di daerah tersebut.

Pada negara-negara maju yang memiliki kesejahteraan kesehatan yang cukup sangat menyarankan jika bepergian ke daerah endemik penyebab penyakit tipes untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan bahkan vaksinasi untuk demam tipes. Hal tersebut masih sangat minim dilakukan oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia dalam menanggulangi merebaknya penyebab tipes.

Ciri ciri / tanda tanda gejala penyakit tipes / tipus

Gejala penyakit tipes biasanya berkembang setelah konsumsi makanan atau air yang tercemar dengan bakteri S. Typhi dan bisa bertahan hingga satu bulan atau lebih. Gejala khas demam tipus meliputi:
  1.     Nyeri perut dan nyeri tekan
  2.     Diare atau konstipasi
  3.     Kesulitan berkonsentrasi
  4.     Demam dan menggigil secara berkelanjutan
  5.     Sakit kepala
  6.     Malaise
  7.     Perubahan mood
  8.     Mimisan
  9.     Nafsu makan yang menurun hingga dapat menurunkan berat badan penderita
  10.     Ruam (kecil, datar, ruam merah di perut dan dada)
yadah itu aja curhatnya hee... :D, makasih selalu baca My Diary dheon, semoga bermanfaat salam persahabatan... ;)

Waalaikumsallam.. Wr.Wb

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, Bebas tapi sopan ya... :D
jangan membuat komentar Spam. (^_^)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...