Wednesday, March 7, 2012

Cinta Menurut Islam ( My Diary )


MENURUT PENGERTIANNYA, CINTA ADA 8 MACAM

Menurut hadis Nabi, orang yang sedang jatuh cinta cenderung selalu mengingat dan menyebut orang yang dicintainya (man ahabba syai’an katsura dzikruhu), kata Nabi, orang juga bisa diperbudak oleh cintanya (man ahabba syai’an fa huwa `abduhu). Kata Nabi juga, ciri dari cinta sejati ada tiga :

(1) lebih suka berbicara dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain

(2) lebih suka berkumpul dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain, dan

(3) lebih suka mengikuti kemauan yang dicintai dibanding kemauan orang lain/diri
sendiri.
Bagi orang yang telah jatuh cinta kepada Alloh SWT, maka ia lebih suka berbicara dengan Alloh Swt, dengan membaca firman Nya, lebih suka bercengkerama dengan Alloh SWT dalam I`tikaf, dan lebih suka mengikuti perintah Alloh SWT daripada perintah yang lain. Dalam Qur’an cinta memiliki 

II. pengertian berikut ini penjelasannya:

1.Cinta mawaddah adalah jenis cinta mengebu-gebu, membara dan “nggemesi”. Orang yang memiliki cinta jenis mawaddah, maunya selalu berdua, enggan berpisah dan selalu ingin memuaskan dahaga cintanya. Ia ingin memonopoli cintanya, dan hampir tak bisa berfikir lain.

2. Cinta rahmah adalah jenis cinta yang penuh kasih sayang, lembut, siap berkorban, dan siap melindungi. Orang yang memiliki cinta jenis rahmah ini lebih memperhatikan orang yang dicintainya dibanding terhadap diri sendiri. Baginya yang penting adalah kebahagiaan sang kekasih meski untuk itu ia harus menderita. Ia sangat memaklumi kekurangan kekasihnya dan selalu memaafkan kesalahan kekasihnya. Termasuk dalam cinta rahmah adalah cinta antar orang yang bertalian darah, terutama cinta orang tua terhadap anaknya, dan sebaliknya. Dari itu maka dalam al Qur’an , kerabat disebut al arham, dzawi al arham, yakni orang-orang yang memiliki hubungan kasih sayang secara fitri, yang berasal dari garba kasih sayang ibu, disebut rahim (dari kata rahmah). Sejak janin seorang anak sudah diliputi oleh suasana psikologis kasih sayang dalam satu ruang yang disebut rahim. Selanjutnya diantara orang-orang yang memiliki hubungan darah dianjurkan untuk selalu bersilaturrahim, atau silaturrahmi artinya menyambung tali kasih sayang. Suami isteri yang diikat oleh cinta mawaddah dan rahmah sekaligus biasanya saling setia lahir batin-dunia akhirat. 

3. Cinta mail, adalah jenis cinta yang untuk sementara sangat membara, sehingga menyedot seluruh perhatian hingga hal-hal lain cenderung kurang diperhatikan. Cinta jenis mail ini dalam al Qur’an disebut dalam konteks orang poligami dimana ketika sedang jatuh cinta kepada yang muda (an tamilu kulla al mail), cenderung mengabaikan kepada yang lama.

4. Cinta syaghaf. Adalah cinta yang sangat mendalam, alami, orisinil dan memabukkan. Orang yang terserang cinta jenis syaghaf (qad syaghafaha hubba) bisa seperti orang gila, lupa diri dan hampir-hampir tak menyadari apa yang dilakukan. Al Qur’an menggunakan term syaghaf ketika mengkisahkan bagaimana cintanya Zulaikha, istri pembesar Mesir kepada bujangnya, Yusuf.

5. Cinta ra’fah, yaitu rasa kasih yang dalam hingga mengalahkan norma-norma kebenaran, misalnya kasihan kepada anak sehingga tidak tega membangunkannya untuk salat, membelanya meskipun salah. Al Qur’an menyebut term ini ketika mengingatkan agar janganlah cinta ra`fah menyebabkan orang tidak menegakkan hukum Allah, dalam hal ini kasus hukuman bagi pezina (Q/24:2).

6. Cinta shobwah, yaitu cinta buta, cinta yang mendorong perilaku penyimpang tanpa sanggup mengelak. Al Qur’an menyebut term ni ketika mengkisahkan bagaimana Nabi Yusuf berdoa agar dipisahkan dengan Zulaiha yang setiap hari menggodanya (mohon dimasukkan penjara saja), sebab jika tidak, lama kelamaan Yusuf tergelincir juga dalam perbuatan bodoh, wa illa tashrif `anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun min al jahilin (Q/12:33)

7. Cinta syauq (rindu). Term ini bukan dari al Qur’an tetapi dari hadis yang menafsirkan al Qur’an. Dalam surat al `Ankabut ayat 5 dikatakan bahwa barangsiapa rindu berjumpa Allah pasti waktunya akan tiba. Kalimat kerinduan ini kemudian diungkapkan dalam doa
ma’tsur dari hadis riwayat Ahmad; wa as’aluka ladzzata an nadzori ila wajhika wa as syauqa ila liqa’ika, aku mohon dapat merasakan nikmatnya memandang wajah Mu dan nikmatnya kerinduan untuk berjumpa dengan Mu. Menurut Ibn al Qayyim al Jauzi dalam kitab Raudlat al Muhibbin wa Nuzhat al Musytaqin, Syauq (rindu) adalah
pengembaraan hati kepada sang kekasih (safar al qalb ila al mahbub), dan kobaran cinta yang apinya berada di dalam hati sang pecinta, hurqat al mahabbah wa iltihab naruha fi qalb al muhibbi.


8. Cinta kulfah. yakni perasaan cinta yang disertai kesadaran mendidik kepada hal-hal yang positip meski sulit, seperti orang tua yang menyuruh anaknya menyapu, membersihkan kamar sendiri, meski ada pembantu. Jenis cinta ini disebut al Qur’an ketika menyatakan bahwa Allah tidak membebani seseorang
kecuali sesuai dengan kemampuannya, la yukallifullah nafsan illa wus`aha (Q/2:286)


MENURUT TINDAKKANNYA , CINTA ADA 4 MACAM


Kata – kata cinta ,acap kali kita dengar ,dan juga kita rasakan,bahkan cinta seakan menjadi tuan dalam menentukan pilihan dan kita hanya menjadi hamba sang cinta,kalau cinta yang seperti ini hanya menyusahkan dan membuat kita lalai dan lupa kaidah dan hakikat cinta seorang insan manusia,cinta dalm bahasa arab adalam “mahabah”bahasa ingris ”love”.

Cinta pun dapat menjerumuskan kita kedalam lubang hitam maksiat dan kesirikan,yang sebenarnya syirik(menduakan tuhan) adalah dosa besar yang tak ter maafkan,cinta pada prinsip nya ialah fitrah manusia dari ALLOH . Jika kita bisa mengelola hati tuk memilah mana itu cinta dan nafsu ,maka cinta pun kan menjadi “ibadah”,pengerak hati “menuju jalan alloh”,dan menjadi “amal”.

Menurut muhamad bin ‘abdul wahabAl-yamani dalam kitab Al-qaulul Mufid fi Adillatit Tauhid dan juga di muat dalm buku THE TRUE POWER OF CINTA menyatakan bahwa cinta ada 4 macam:
1.Cinta Ibadah
Yaitu mencintai Alloh dan apa-apa yang di cintainya,dengan dalil ayat dan hadist,

2. Cinta Syirik 
Yaitu mencitai kepada selai ALLOH .ALLOH berfirman : “Dan di antara manusia ada yang menjadikan selain ALLOH sebagai tandingan-tandingan(bagi ALLOH),mereka mencintai tandingan-tandingan tersebut seperti cinta mereka kepada ALLOH.”(QS.AL-Baqoroh:165)

3. Cinta Maksiat
Yaitu cinta yang menyebabkan seseorang melaksanakan apa yang di haramkan ALLOh dan meninggalkan apa yang di perintahkan-NYA. Alloh berfirman, “dan kalian mencintai harta benda dengan kecintaan yang sangat.”(QS>AL-Fajr:20)

4.Cinta Tabiat
Cinta yang ini ,seperti cinta kepada anak,keluarga,diri,harta,dan perkara lain yang di bolehkan. Namun ,cinta ini tetap sebatas cinta tabiat. ALLOH berfirman:”ketika mereka(sauadar-saudar Yusuf ‘alaihi salam) berkata : “yusuf dan adiknya lebih di cintai oleh bapak kita dari pada kita.”(QS.Yusuf:8) ini cinta tabiat,jika cinta tabiat ini menyebabkan kita tersibukkan dan lalai dari ketaan kepada ALLOH,sehingga meninggalkan kewajiban-kewajiban maka cinta ini berubah menjadi cinta maksiat. Namun bila cinta tabiat ini menyebabkan kita lebih cinta kepada benda-benda tersebut sehingga sama seperti cinta kita kepada ALLOH atau bahkan lebih,maka cinta tabiat ini berubah pula menjadi cinta syirik.

Itulah 4 macam cinta yang meti di ketahui dan di waspadai apabila cinta itu melalaikan kita pada kekasih sejati yaitu Alloh dan rasul nya.

Apabila kamu melihat orang-orang yang ragu dalam agamanya dan ahli bid'ah sesudah aku (Rasulullah Saw) tiada maka tunjukkanlah sikap menjauh (bebas) dari mereka. Perbanyaklah lontaran cerca dan kata tentang mereka dan kasusnya. Dustakanlah mereka agar mereka tidak makin merusak (citra) Islam. Waspadai pula orang-orang yang dikhawatirkan meniru-niru bid'ah mereka. Dengan demikian Allah akan mencatat bagimu pahala dan akan meningkatkan derajat kamu di akhirat. (HR. Ath-Thahawi) :)

13 comments:

Anonymous said...

Thanks fοr a mаrνelous posting! I definіtely enjοуeԁ rеading
іt, уou ωill be a great author.I wіll mаke
cеrtain tο bookmark yοur blοg and wіll come back
in the future. I want to encouгаge you to ԁefinitely cοntinue
yоur great posts, haνе a nice day!


Feеl frеe to ѵisit my web sіte vapornine
Also visit my web blog

Anonymous said...

Thankѕ for a marvelous posting! I dеfinitelу еnјoyed readіng it, you wіll be
a great authoг.I ωill makе certain to bookmaгκ your blog and will comе baсk in the future.
Ι want to encouгаge you to ԁеfinitely continue your great рosts, hаve а niсе ԁay!


Viѕit my web-site vapornine
Also see my website >

Anonymous said...

Іts such as you learn my mіnԁ! You seem to
grаsp a lot about this, liκе you wrote the e-book in it or somеthіng.
I feel that you сan dο with ѕоmе
% to force the message house a little bit, however instead of that, this is excellent blog. An excellent read. I will definitely be back.

Feel free to surf to my web page; samsung galaxy s3
Visit my webpage ...

Anonymous said...

What's up to all, how is everything, I think every one is getting more from this website, and your views are good for new users.

Also visit my homepage; penny Stock picks
Review my weblog :: samsung galaxy note 2

Anonymous said...

Peсuliаг article, tоtally what I wantеd to fіnd.


Feel frеe tο surf tо mу ωeb site: pikavippi
Also visit my webpage ;

Anonymous said...

Attractive componеnt οf сontent.

I juѕt ѕtumbled upοn your ωeb site and in аccession capital tο say that
I get аctuаlly enjoуed account your ωеblog pоsts.
Αny way I'll be subscribing in your augment or even I success you get right of entry to persistently fast.

my homepage: zulutrade brokers
Also see my webpage:

Ade-kusdinar.blogspot.com said...

all @ : tahnk for visit, i can visit back for webpage you.. :D

Anonymous said...

Hi there, I found your website via Google whilst searching for a comparable matter,
your site got here up, it seems great. I've bookmarked it in my google bookmarks.
Hello there, simply become alert to your blog through Google, and found that it is truly informative. I am going to be careful for brussels. I will be grateful for those who proceed this in future. A lot of other people can be benefited from your writing. Cheers!

Stop by my web site ... http://www.forexbroker.info

Anonymous said...

It's very simple to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this piece of writing at this web site.

My weblog :: syd

Anonymous said...

Howdy! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be ok. I'm definitely enjoying your blog and look
forward to new updates.

My webpage - nzi

Anonymous said...

I was suggested this website via my cousin. I'm not sure whether this put up is written via him as no one else recognise such exact approximately my difficulty. You're wonderful!

Thanks!

My page ... get followers
my web page > get followers

Anonymous said...

I like the helpful information you provide in your articles.
I will bookmark your blog and check again here regularly. I'm quite sure I'll learn lots of new stuff right here!
Best of luck for the next!

Review my web blog: zulutrade

Anonymous said...

Hi there! This post could not be written any better!

Reading this post reminds me of my previous room mate!

He always kept chatting about this. I will forward this post
to him. Fairly certain he will have a good read.
Thanks for sharing!

my website; ava fx

Post a Comment

Silahkan berkomentar, Bebas tapi sopan ya... :D
jangan membuat komentar Spam. (^_^)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...